Berita SDGs

Liputan Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Pemantauan TPB/SDGs Periode Semester I Tahun 2021

Dino Fitriza, Manajer Pilar Pembangunan Lingkungan Sekretariat SDGs Provinsi DKI Jakarta


Pada tanggal 30 Juni 2021, Tim Koordinasi Pelaksanaan Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) DKI Jakarta melalui Koordinator Pelaksana yaitu Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Bapak Dr. Nasruddin Djoko Surjono, S.IP, ST, ME, MBA telah menyelenggarakan rapat koordinasi untuk menyusun Laporan Pemantauan TPB/SDGs Periode Semester I Tahun 2021 secara daring. Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh pihak baik pemerintah maupun non pemerintah sesuai dengan prinsip kolaborasi dan partisipasi TPB/SDGs yang bersifat inklusif. Kegiatan ini sehubungan dengan penyusunan Laporan Pemantauan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) yang akan disampaikan kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Menteri Dalam Negeri.


Pada sambutannya, Kepala Bappeda, Bapak Dr. Nasruddin Djoko Surjono, S. IP, ST, ME, MBA selaku Koordinator Pelaksana Tim Koordinasi Pelaksanaan Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) DKI Jakarta, mengajak seluruh pihak, untuk bersama-sama melaporkan partisipasi serta capaiannya dalam mendukung pencapaian TPB/SDGs di Provinsi DKI Jakarta. Bapak Nasruddin Djoko Surjono juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pencapaian TPB/SDGs, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjalankan prinsip inklusif dengan melibatkan 4 platform partisipasi yang terdiri atas Pemerintah dan Parlemen, Akademisi dan Pakar, Filantropi dan Pelaku Usaha, Organisasi Masyarakat Sipil dan Media. Setiap platform ini memiliki peran masing-masing dan saling terkait.

 


Kegiatan pemantauan ini sesuai dengan Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas No.7/2018 Tentang Koordinasi, Perencanaan, Pemantauan, evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang mengamanahkan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kegiatan ini juga berdasarkan Permen PPN/Kepala Bappenas nomor 7 tahun 2018 pasal 19 ayat 3 menyatakan bahwa pemantauan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali atau sewaktu-waktu apabila diperlukan.


Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan TPB/SDGs ini antara lain membahas mengenai alur mekanisme pemantauan dan evaluasi Rencana Aksi Daerah (RAD); Panduan alur mekanisme pemantauan dan evaluasi bagi program dan kegiatan Pemerintah dan NonPemerintah. Selain itu, untuk memudahkan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi, diberikan pula formulir isian pemantauan dan evaluasi dan formulir hasil identifikasi masalah serta rencana tindak lanjut untuk pencapaian TPB/SDGs.


Seluruh materi paparan dan Bahan-bahan terkait Rapat Koordinasi Laporan Pemantauan TPB/SDGs Periode Semester I Tahun 2021 dapat diunduh pada tautan: https://bit.ly/SemesterI2021. Seluruh stakeholders diundang untuk berpartisipasi melaporkan Pencapaian TPB/SDGs di Provinsi DKI Jakarta.  Pihak Non Pemerintah yang terdiri dari, Akademisi dan Pakar; Filantropi dan Pelaku Usaha; Organisasi Masyarakat Sipil dan Media dapat berkonsultasi dengan Sekretariat SDGs DKI Jakarta untuk pengisian Formulir terkait sejak tanggal 30 Juni hingga 7 Juli 2021 dengan menghubungi email sdgs@bapedadki.net. Kontribusi seluruh pihak dalam pelaporan pencapaian TPB/SDGs ini sangat diharapkan dan dapat sejalan dengan agenda pembangunan global, nasional dan daerah, sehingga memberikan manfaat luas bagi seluruh lapisan masyarakat.

 

Share this Post: