Berita SDGs

“24 Hours of Reality : Countdown to the Future” Komitmen untuk Bersama Mengatasi Krisis Iklim

Dino Fitriza (Manajer Pilar Pembangunan Lingkungan)


24 Hours of Reality : Countdown to the Future adalah sebuah event global yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia pada tanggal 10-16 Oktober oleh The Climate Reality Project (Climate Reality) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang krisis iklim. Climate Reality adalah sebuah perkumpulan nirlaba yang terdiri dari lebih dari 31.000 pegiat lingkungan dari 170 negara di seluruh penjuru dunia. Para pegiat lingkungan ini, atau Climate Reality Leaders, telah dilatih langsung oleh pendiri Climate Reality yaitu mantan Wakil Presiden AS Al Gore. Pada tanggal tersebut, Climate Reality Leaders dari seluruh belahan dunia mengadakan presentasi tentang realita krisis iklim, dampaknya pada kehidupan manusia, dan segala macam solusi yang bisa kita terapkan bersama. Informasi terkait kegiatan 24 Hours of Reality dapat diakses pada tautan www.24hoursofreality.org/


Pada tanggal 10 Oktober 2020, Sekretariat SDGs DKI Jakarta bekerjasama dengan Climate Reality Indonesia, Ruang Iklim dan Amcolabora Institute turut serta dalam event global 24 Hours of Reality : Countdown to the Future. Keterlibatan Sekretariat SDGs DKI Jakarta dalam Event 24 Hours of Reality adalah yang kedua kalinya setelah tahun sebelumnya juga mengadakan acara serupa bertempat di Ruang Pola, Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.  Kegiatan 24 Hours of Reality tahun 2020 ini dibagi ke dalam tiga subtema, yaitu :

Sesi 1 : Searching for a Breath of Fresh Air: Air Quality, Emissions and the Significance of Policy

Sesi 2 : A Better Indonesia for All: Striving Towards Climate Justice and Sustainability

Sesi 3 : Calling for Youth Action: The Controversy Behind Our Mass Consumption and Impact to All Life Form

Masing-masing sesi menampilkan pembicara dari praktisi lingkungan, pelaku bisnis, pemerintahan dan pemuda yang telah melakukan aksi nyata terkait penanganan Krisis Iklim. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut hadir sebagai pembicara dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dan Sekretariat DKI Jakarta sebagai penyelenggara kegiatan. 


Pada sesi 24 Hours kali ini dibahas pentingnya peran pemuda dalam menghadapi Krisis Iklim. Amanda Katili, Manager Climate Reality Indonesia menyampaikan tentang Action for Climate Empowerment (ACE), sebuah istilah yang digunakan oleh United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) yang berkaitan dengan Pasal 6 Konvensi UNFCCC Tahun 1992 dan Pasal 12 Paris Agreement. Enam fokus area dalam ACE perlu melibatkan semua orang, terutama pemuda. Pemuda harus memahami dan berpartisipasi dalam transisi menuju dunia yang rendah emisi dan dunia yang Climate-resilience.


Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta diwakili Erni Pelita Fitratunnisa, biasa dipanggil Ibu Fitri, Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan menyampaikan tentang inisiatif aksi iklim yang telah dilakukan Provinsi DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta di antaranya telah menerbitkan Pergub No. 131 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca, Instruksi Gubernur No. 127 Tahun 2017 tentang Pembinaan Program Iklim, serta Keputusan Gubernur No. 1107 Tahun 2019 tentang Kegiatan Strategis Daerah Mitigasi dan Adaptasi Bencana Iklim. Pemprov DKI Jakarta juga melakukan berbagai Kegiatan Adaptasi di antaranya lewat program Kegiatan Program Kampung Iklim (Proklim), Sekolah Hijau melalui Kompetisi Adiwiyata, Gerakan Bank Sampah, dan Kegiatan Sampah Tanggung Jawab Bersama (Samtama).

 

Turut hadir juga perwakilan pemuda dari Ruang Iklim yang diwakili di antaranya oleh Karina Kusumadewi, Laetania Belai Djandam, Griselda Revia, Jenna Kairupan, Amanda Dian Sucia, Hafidz Abdillah, Alif Yusuf Vicaussie, Mauriza Arivia Azmi, Hanna Astaranti, Yessica Levani Widha dan Ilham Hakim. Para pemuda ini membawakan presentasi 24 Hours of Reality secara bergantian dan menyampaikan realitas iklim yang terjadi di seluruh dunia. Presentasi para pemuda/i ini memukau peserta webinar dan meningkatkan kesadaran peserta webinar terkait Krisis Iklim yang terjadi di dunia. 


24 Hours of Reality : Countdown to the Future tahun ini sebagai salah satu komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) terutama terkait tujuan 13 Penanganan Perubahan Iklim dan Tujuan 17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan.


#KrisisIklim #PilarLingkungan #Tujuan13 #Tujuan17 #LingkunganHidup #PerubahanIklim #DinasLingkunganHidupDKIJakarta. 


Share this Post: